Kemajuan zaman menuntut manusia menjadi lebih aktif, kreatif dan inovatif. Banyak Anda jumpai iklan pelayanan jasa di tempat-tempat strategis seperti persimpangan jalan dan pasar. Tidak kalah ketinggalan info tentang jasa kontraktor yang terpampang mengiringi sektor pembangunan.

Pengertian Jasa Kontraktor

Pengertian Jasa Kontraktor

Kontraktor berasal dari kata “kontrak”, yang berarti surat perjajian. Sedangkan secara bahasa adalah pelaku kesepakatan. Istilah ini sering diartikan sebagai pemborong proyek bangunan. Konotasi tersebut disebabkan meratanya pembangunan dan kata tersebut sering dipakai oleh para pekerja kontruksi.

Dengan kata lain, jasa kontraktor diartikan sebagai seseorang atau badan pelayanan yang bekerja di bidang pembangunan. Meskipun ada banyak karyawan, pelaksana utamanya dapat dipetakan menjadi 3 bagian, yaitu, penanggung jawab, menejer dan para pekerja.

Dalam sosialisasi publik, jasa kontraktor bangunan juga menggunakan media sebagai alat bantu. Mulai dari pemborong kecil-kecilan dengan ponsel dan akun sosial pribadi. Atau para ahli bangunan yang terkemas dalam suatu CV menggunakan banner, papan iklan serta pamflet untuk sarana promosi.

Menilai dan Memilih Kontraktor

Menilai dan Memilih Kontraktor dari Bagian (Pekerja) pada Jasa Kontraktor

Sebagai konsumen yang cerdas, selektif dalam memilih jasa kontraktor bangunan sangat dianjurkan. Hal ini akan berdampak besar pada kualitas dan kuantitas kontruksi bangunan dan kenyamanan. Anda sebagai pengguna jasa, perlu mengetahui beberapa posisi kontraktor agar mendapat jasa yang memuaskan:

1. Penanggung Jawab (Direktur)

Penanggung jawab suatu jasa kontraktor bangunan adalah organ inti sebuah kontraktor. Cara menilai secara efektif suatu pelayanan pembangunan yaitu dengan melihat hasil kerja dan karyanya. Usahakan menjalin kontak langsung dengan pimpinan atau kepala proyek.

2. Arsitektur atau Desainer Bangunan

Perancang bangunan perlu dipertimbangkan 2 kali dalam memilih jasa bangunan. Pemilihan ini berimbas pada kualitas struktur, model, konsumen atau penikmat. Bahkan, berpengaruh terkait besar kecilnya dana alokasi suatu kontruksi. Di sisi lain, wajib ada pendidikan akademis tentang arsitek.

3. Tukang Bangunan

Pelaksana lapangan dalam sebuah pembangunan juga penting untuk dipilih. Pilihlah mereka yang benar-benar ahli, sebab tidak sedikit para tukang bangunan amatiran mengakui dirinya profesional demi meraih honor besar.

4. Management Administrasi

Banyak jasa layanan bangunan yang memikirkan kepentingan pribadi. Hal itu bisa diketahui dari komitmen pelayanannya dan transparan dalam administrasi. Tidak jarang proyek terbengkalai karena persoalan dana yang dikelola oleh kontraktor abal-abal.

5. Para Pekerja Kuli Bangunan

Kuli bangunan juga berperan pada kelancaran dan efisiensi pekerjaan tukang. Pekerjaan yang identik dengan tenaga ini ada baiknya dilakukan secara selektif. Hal terpenting untuk memilih yaitu, giat, rajin dan tidak canggung. Mengambil pekerja dari lingkungan sekitar akan bagus untuk citra sosial.

Cara Memilih Jasa Kontraktor yang Tepat

Cara Memilih Jasa Kontraktor yang Tepat

Zaman teknologi sekarang sangat mendukung bagi pelayanan dan pengguna jasa. Bahkan banyak Anda jumpai di media sosial terdapat iklan jasa kontraktor. Kehidupan yang semakin praktis juga efektifitas dalam kegiatan sehari-hari bisa Anda nikmati sekarang.

Selain poin-poin tersebut, yang perlu diperhatikan dalam memilih jasa kontraktor bangunan ialah nama kontraktor atau pemborong. Jam terbang suatu layanan juga berpengaruh pada pengalaman kinerja dan keprofesionalan terhadap klien.

Bukan berarti jasa pelayanan yang baru lahir itu tidak ahli di bidangnya, namun Anda harus selektif dan perlu hati-hati dalam memilihnya. Kontrak perjanjianpun juga harus dipahami, jangan terburu-buru serta cepat tergiur dengan prospek yang disampaikan agen atau makelar saja.

Keuntungan Menggunakan Jasa Kontraktor

Keuntungan Menggunakan Jasa Kontraktor

Menggunakan jasa kontraktor dari perusahaan kontruksi bangunan sangat membantu sebuah proyek, apalagi untuk pembangunan skala besar. Setidaknya, bisa memangkas segala kebutuhan Anda dalam menangani pekerjaan dengan cukup menghubungi satu pihak. Keuntungan lainnya yaitu:

1. Efektif dan Efisien

Menggunakan jasa pemborong bangunan membuat Anda lebih efektif dalam hubungan kerja. Karena tidak harus bertemu banyak pihak untuk proyek yang dilakukan. Segala kebutuhan pembangunan sudah terangkum dalam jasa kontraktor ini.

Efisiensi menggunakan jasa bangunan lewat media elektronik atau iklan di jalan membuat Anda tidak berbelit-belit dalam melakukan kesepakatan. Ini karena, kinerja jasa sudah disajikan secara ringkas. Berbeda jika harus menghubungi berbagai pihak untuk mengerjakan suatu proyek tertentu.

2. Menghemat Pengeluaran

Dengan menggunakan jasa bangunan, Anda telah menghemat pengeluaran untuk transportasi. Karena cukup menghubungi satu pihak tanpa berpergian kesana-kemari, mengingat biaya jalan tidak sedikit jika berkunjung dari beberapa tempat untuk satu keperluan.

Terlebih, saat ini didukung media yang semakin maju akan jauh menghemat pengeluaran. Cukup menghubungi layanan jasa, Anda sudah mencukur biaya transportasi untuk menemui jasa arsitek, tukang bangunan, kuli bangunan, toko material dan keperluan lain.

3. Terjamin Hasilnya

Kinerja layanan jasa kontraktor bangunan tentu sudah diakui dan nyata karena berani promosi secara resmi. Berbeda dengan tawaran dari mulut perorangan yang bisa jadi datang dari tukang-tukang bangunan pemula. Kalaupun hasilnya kurang memuaskan, Anda memiliki hak komplain.

4. Kualitas Garansi

Layanan tambahan ini 90% ada pada setiap pemborong bangunan, apalagi bila pembangunan tersebut ditangani oleh suatu PT atau CV kontraktor. Meskipun tempo garansinya bervariasi, namun kualitas hasil bangunan dijamin bagus.

5. Mendapatkan Desain Terbaik dan Terbaru

Tidak menutup kemungkinan banyaknya layanan jasa kontraktor bangunan menjadi persaingan dalam menjaga konsumen. Imbal balik terhadap klien yaitu, akan mendapat pelayanan baik dari pemborong bangunan. Termasuk tawaran model kontruksi yang kekinian.

6. Konsultasi Gratis

Jasa kontraktor memuat berbagai orang yang ahli di bidangnya. Serta professional dalam pekerjaan, karena itu juga sumber daya tarik konsumen. Disisi lain, pengguna jasa juga bisa sharing untuk menambah wawasan terkait dunia pembangunan.

7. Mengetahui Rincian Anggaran yang di Butuhkan

Layanan rincian ini pasti dikeluarkan oleh jasa pemborong sebagai bentuk keprofesionalan dalam bekerja. Selain itu, dengan mengetahui anggaran dana yang dibutuhkan untuk suatu proyek, Anda bisa mengatur dan memperkirakan pengeluaran.

8. Harga Jual Bangunan Bisa Bernilai Tinggi

Bagi pebisnis jual beli rumah yang bekerjasama dengan jasa kontraktor bisa meraup untung banyak. Karena para pekerja ahli bisa merubah atau menyulap bangunan biasa menjadi rumah yang indah dan elegan. Harga jual hasil kontruksipun bisa melambung tinggi setiap tahunnya.

9. Terima Bersih

Para pelaku bisnis biasanya hanya fokus pada manajemen keuangan dan jarang terjun di lapangan. Hal ini membuat pebisnis bangunan memilih bekerjasama dengan jasa kontraktor untuk menangani bangunannya. Sebab, bisa meraup untung lebih dengan tanpa repot.

Cara Melihat Hasil dari Jasa Kontraktor

Cara Melihat Hasil dari Jasa Kontraktor

Salah satu pelayanan yang terus mengikuti zaman yaitu jasa kontraktor bangunan. Bisa Anda lihat dari desain, cara promosi dan kemasan satu paket berisi segala hal kebutuhan suatu bangunan. Mulai dari rencana, anggaran, pelaksana dan bahan-bahannya.

Persaingan antar perusahaan jasa juga menuntut setiap pelayanan terus berkarya dan menciptakan inovasi. Kualitas mutu terus ditingkatkan untuk merebut pasar iklan serta memenangkan tender. Kreasi terobosan selalu menjadi topik bahasan mengingat kebutuhan pembangunan semakin meningkat.

Pemerataan sarana dan prasarana masyarakat yang tanpa ujung terus menjadi top trending dalam pemerintahan di Indonesia. Menjadikan jasa kontraktor sebagai sorotan publik atau obyek bahasan setiap forum pembangunan. Sebagai konsumenpun juga harus pandai-pandai memilih jasa kontraktor bangunan.