Saat berencana membangun rumah, Anda akan membutuhkan bahan material yang tepat. Hal ini penting karena akan menentukan kualitas dan daya tahan suatu bangunan. Oleh karena itu, pemilihan material bangunan harus dilakukan dengan cermat dan hati-hati. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih bahan material bangunan sebelum memutuskan untuk menggunakanya. Berikut beberapa pertimbangan saat memilih bahan material bangunan, antara lain;

1. Sesuai Standar Nasional Indonesia (SNI)

Saat datang ke toko bangunan, usahakan membeli bahan yang bertuliskan SNI. Ini dilakukan agar kualitas bangunan tetap bagus. Standar tersebut telah malalui tahap pengujian. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi akan kualitasnya.

Beberapa bahan yang memiliki label tersebut di antaranya yaitu, semen, cat, paralon dan sebagainya. Jika bahan tidak bermerk, bisa jadi kualitasnya juga dipertanyakan. Selian itu, proses pembutan kemungkinan melanggar hukup karena dinilai ilegal.

2. Banyak Direkomendasikan Orang

Beberapa bahan konstruksi tidak terdapat dalam toko bangunan, seperti pasir sungai. Oleh karena itu, untuk mendapatkan bahan tersebut Anda harus bertanya ke beberapa orang yang sudah pernah membelinya. Dengan begitu, akan mendapatkan material sesuai dengan harapan.

Ini juga berlaku untuk beberapa jenis lainnya, seperti batu bata, batako, genting, besi dan lain sebagainya. Langkan tersebut dilakukan karena, beberapa penyedia material terkadang memiliki kualitas yang tidak sama. Sehingga, Anda dituntut pandai dalam mensiasatinya.

3. Mudah Didapatkan

Jangan mempersulit diri dengan mencari bahan yang sekiranya langka. Gunakanlah bahan seadanya, namun masih berkesan modern. Ini akan mempermudah dalam penyelesaian hunian impian Anda. Beberapa bahan terkait yaitu, kramik, paving dan juga beberapa perobot lainnya.

Ada kalanya orang lebih menyukai hal nyentrik, mereka menganggap agar tampil beda dari bebera tetangga sekitar. Walaupun begitu, hal semacam ini tidaklah salah. Akan tetapi, harus menyesuaikan dengan finansial yang dimiliki.

4. Harga Terjangkau

Jika keuangan mepet dengan porsi pembangunan konstruksi, belilah beberapa meterial dan barang yang terjangkau. Ini dilakukan agar tidak melebihi ketentuan anggaran. Sehingga, sisa uang dapat digunakan untuk kepentingan lainnya.

Jangan malu membandingkan beberapa harga di beberapa toko bangunan. Selisi Rp.5.000,- saja sudah menjadi banyak apabila Anda membeli dalam partai besar. Padahal, uang sebesar itu bisa digunakan untuk membayar gaji tukang dalam pembangunan.

5. Aman

Elemen penting yang perlu diketahui dalam memilih bahan konstruksi adalah keamanan. Usahakan memilih bahan bangunan yang aman, beberapa bagian bangunan tertentu membutuhkan proteksi keamanan yang lebih. Misalnya seperti atap gudang atau toko yang bisa menggunakan bahan asbes, tentunya akan lebih aman jika di cor beton bertulang agar tidak mudah jika dibobol dari atas.

6. Indah

Selain aman, keindahan tentu perlu dipertimbangkan. Untuk itu, pastikan material bangunan dapat menambah nilai estetika pada rumah. Misalnya, Anda bisa meilih jenis bahan lantai yang dapat memperindah tampilan rumah seperti ubin keramik, marmer, granit, kayu, dan lainnya. Jika Anda menyukai konsep desain rumah industrial, pilihlah material batu bata, metal atau material daur ulang lainnya yang menonjolkan kesan vintage, distressed atau usang.

7. Awet

Pemilihan material bangunan yang tepat akan membuat rumah Anda berdiri kokoh dan memiliki daya tahan yang lebih lama. Jadi, pastikan material bangunan yang dipilih cocok dengan  iklim, cuaca dan kondisi lingkungan rumah Anda. Agar tak salah pilih, Anda bisa berkonsultasi dengan konsultan perencana atau ahli struktur bangunan untuk memilih bahan bangunan yang sesuai.

Demikian beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih bahan material bangunan. Memilih material bangunan bergantung pada tujuan dari pembangunan, kondisi lingkungan dan anggaran yang dimiliki. Namun hal penting yang harus dipertimbangkan adalah material yang Anda pilih harus dapat menjamin rumah yang Anda bangun tetap indah dan kokoh dalam jangka waktu yang sangat lama. Selamat membangun!

Artikel Terbaru